Buru Biksu Korup, Polisi Thailand Usir Ribuan Jemaat dari Vihara

 Internasional
Buru Biksu Korup, Polisi Thailand Usir Ribuan Jemaat dari Viharaby RangkasbitungIDon.Buru Biksu Korup, Polisi Thailand Usir Ribuan Jemaat dari ViharaDi Baca : 259 okezone.com, PATHUM THANI – Polisi Thailand dilaporkan mengusir ribuan jemaat dari Vihara Wat Phra Dhammakaya di Pathum Thani. Pengusiran ini dilakukan guna mempermudah pencarian mantan kepala vihara tersebut yang dituding melakukan pencucian uang. Junta militer Thailand pada pekan kemarin menggunakan hukum darurat khusus agar polisi dapat masuk dan menggeledah Vihara Wat […]

REUTERS/Stringer

okezone.com, PATHUM THANI – Polisi Thailand dilaporkan mengusir ribuan jemaat dari Vihara Wat Phra Dhammakaya di Pathum Thani. Pengusiran ini dilakukan guna mempermudah pencarian mantan kepala vihara tersebut yang dituding melakukan pencucian uang.

Junta militer Thailand pada pekan kemarin menggunakan hukum darurat khusus agar polisi dapat masuk dan menggeledah Vihara Wat Phra Dhammakaya. Langkah ekstrem itu dilakukan usai berbulan-bulan pihak vihara disebut enggan menyerahkan Phra Dhammachayo.

Phra Dhammachayo dijatuhi sejumlah dakwaan, mulai dari konspirasi pencucian uang hingga menerima barang curian. Akibat dakwaan itu, sang mantan kepala Vihara Wat Phra Dhammakaya diburu polisi. Namun, ajudannya membantah tudingan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (20/2/2017), polisi pada Minggu 19 Februari memerintahkan semua jemaat untuk meninggalkan vihara tersebut karena polisi klaim mereka menghalangi proses penggeledahan. Saat itu, ada sekira 13 ribu jemaat di Vihara Wat Phra Dhammakaya.

Selain jemaat, para biksu yang tinggal di vihara juga diperintahkan untuk berkumpul di titik tertentu dan tidak mengganggu proses penyelidikan polisi.

“Kami mengambil langkah ini agar dapat melakukan proses penggeledahan secepat mungkin sehingga kami dapat mengembalikan wilayah vihara kepada para jemaat,” ujar juru bicara Departemen Penyelidikan Khusus Thailand, Woranan Srilam.

 

Baca Sumber

Related Posts

Leave a Reply