Selain Jaga Perilaku, Jaga Juga Dompet Anda Selama Bulan Puasa !!

 Cahaya Hati

Ilustrasi

JAKARTA – Kurang dari Seminggu bulan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim akan tiba. Bulan Ramadan yang akan menjadi waktu untuk kita umat muslim mensucikan hati dan meminta pengampunan dosa dengan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh sebelum akhirnya memasuki masa kemenangan atau Lebaran 2017.

Namun, saat bulan puasa tidak hanya hati dan tindakan yang perlu dijaga agar tidak menimbulkan dosa. Karena saat bulan puasa saatnya memperbaiki diri. Hal lain yang perlu dijaga adalah mata, telinga dan kondisi dompet alias keuangan.

ercaya atau tidak, saat memasuki bulan Ramadan, kita akan semakin boros padahal uang buat jajan tidak ada saat berpuasa. Jadi apakah penyebab kita boros saat puasa?

Perencana Keuangan Andoko mengatakan, hal ini karena banyaknya jadwal buka bersama yang dilakukan saat bulan puasa, selain itu juga nafsu untuk berbelanja yang tak terhindari.

“Mata juga perlu dijaga agar saat jalan-jalan di mall mata selalu tergiur saat melihat diskon. Jaga telinga juga diperlukan untuk menahan godaan dari teriakan penjual dengan diskon yang diberikan yang akan berujung lada kondisi dompet,” ungkapnya.

Menurutnya, rata-rata pengeluaran saat Lebaran didominasi oleh makanan, di mana saat berbuka puasa kita cenderung menyiapkan menu yang hanya ‘lapar mata’ saja atau dengan pemikiran mau balas dendam setelah menahan lapar seharian.

Selain itu, pengeluaran untuk pakaian dan perlengkapan sebelum Lebaran termasuk faktor yang menguras isi dompet kita.

“Kita harus prioritaskan tetap kebutuhan dibanding keinginan,” tukasnya.

 

Baca Sumber

 

Related Posts

Leave a Reply