Pemerintah Kabupaten Lebak Minta Nelayan Bentuk Koperasi

 Lebak
Pemerintah Kabupaten Lebak Minta Nelayan Bentuk Koperasiby RangkasbitungIDon.Pemerintah Kabupaten Lebak Minta Nelayan Bentuk KoperasiDi Baca : 147 Metrotvnews.com, Lebak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak meminta Kelompok Usaha Bersama (Kube) nelayan membentuk koperasi guna meningkatkan kesejahteraan. Hal itu juga diperlukan dalam rangka meningkatan pendapatan ekonomi masyarakat pesisir. “Kami terus mendorong Kube nelayan membentuk koperasi,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Binuangeun Dinas Perikanan Kabupaten Lebak […]

ilustrasi (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Metrotvnews.com, Lebak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak meminta Kelompok Usaha Bersama (Kube) nelayan membentuk koperasi guna meningkatkan kesejahteraan. Hal itu juga diperlukan dalam rangka meningkatan pendapatan ekonomi masyarakat pesisir.

“Kami terus mendorong Kube nelayan membentuk koperasi,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Binuangeun Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Ahmad Hadi, seperti dikutip dari Antara, di Lebak, Jumat 3 Maret 2017. Selama ini, usaha nelayan yang telah membentuk lembaga keuangan tersebut relatif sedikit sehingga ke depan bisa menjadikan kendala untuk menerima bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Saat ini, persyaratan untuk mendapat bantuan dari KKP diwajibkan usaha nelayan memiliki koperasi.

Namun, nelayan Kabupaten Lebak hingga kini baru memiliki dua koperasi antara lain TPI Binuangen dengan nama Koperasi Mina Muara Sejahtera dan TPI Bayah Koperasi Nelayan Pantai Selatan. Pemerintah daerah mendorong Kube nelayan dapat membentuk koperasi sebagai lembaga usaha yang memiliki badan hukum.

Sebab, bantuan dana hibah dari pemerintah bisa dialihkan kepada koperasi nelayan karena sudah memiliki badan usaha tersebut “Kami terus memberikan motivasi kepada para pengurus kelompok nelayan di daerah itu agar bergabung dengan kelompok nelayan lain untuk membentuk koperasi demi meningkatkan kesejahteraan nelayan itu,” tuturnya.

Menurut Hadi, berdasarkan Undang-Undang 23 tahun 2014 maka program kegiatan pemerintah yang diberikan kepada Kube nelayan di antaranya memiliki badan lembaga usaha yang memiliki hukum. Karena itu, pihaknya berharap seluruh nelayan pesisir selatan Kabupaten Lebak tersebar di 10 TPI membentuk lembaga koperasi.

 

Baca Sumber

Related Posts

Leave a Reply