Tiga Tahun Lagi, Semua Jalan Di Lebak Gunakan Beton

 Berita Utama, Lebak

INDOPOS.CO.ID, Lebak – Guna meningkatkan kualiatas dan kenyamanan saat melintasi ruas jalan provinsi di Kabupaten Lebak, Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Provinsi Banten berencana melakukan perbaikan jalan menggunakan rigid beton atau betonisasi dengan estimasi selesai dalam waktu tiga tahun.

Arlan Marzan ST.MT, kepala Balai Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (BJPJJ) wilayah Kabupaten Lebak, Dinas PUPR Banten mengatakan tiga tahun mendatang seluruh jalan provinsi yang ada di Kabupaten Lebak sepanjang 230 kilometer (km) sudah full beton.

Menurutnya juga, dari 230 km pajang jalan provinsi yang ada di Kabupaten Lebak saat ini terdapat 39 km yang mengalami rusak berat dan sedang. Ruas jalan rusak itu diantaranya terdapat di ruas jalan Cipanas-Warung Banten dan Bayah-Cikotok-Batas Jabar.

”Untuk kedua ruas jalan itu, tahun ini Insya Allah akan tuntas kami perbaiki dengan menggunakan konstruksi beton atau rigid beton,” tegasnya. Dia juga menuturkan, penggunaan rigid beton untuk proyek jalan provinsi di Kabupaten Lebak sebagai bentuk komitmen Provinsi Banten membenahi infrastruktur jalan.

Seperti yang tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pembangunan Infrastruktur Jalan dengan pengangaran tahun jamak atau multi years. ”Kita tetap menggunakan anggaran tahun jamak,” imbuhnya.

Ditambahkannya juga, betonisiasi ini diharapkan dapat memacu dan mempercepat pertumbuhan ekonomi, meningkatkan mobilitas industri dan perdagangan, serta memperluas lapangan kerja. Apalagi, ucap Arlan juga, jalan menjadi urat nadi perekonomian masyarakat dan meningkatkan daya saing daerah, sehingga perbaikan jalan tetap menjadi prioritas dalam pembangunan.

Saat ini ruas jalan provinsi di Kabupaten Lebak yang sudah full beton adalah jalan Citeras-Maja yang tembus ke Tigaraksa, Kabupaten Tangerang sepanjang 19,75 km dengan lebar badan jalan tujuh meter. Selain itu, ruas jalan provinsi menuju Banten selatan sepanjang 45 km yang dimulai dari Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang hingga Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak kini juga sudah full beton dan mirip jalan tol.

”Mulusnya jalan provinsi di Kabupaten Lebak juga dapat meningkatkan kapasitas jalan, meningkat kelancaran dan keselamatan aksebilitas, serta mampu mempercepat dan meningkatkan pembangun dan ekonomi masyarakat,” terangnya juga.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten, Hudaya Latunconsina menjelaskan program betonisasi jalan tidak hanya di Kabupaten Lebak namun seluruh ruas jalan provinsi yang ada di 8 kota dan kabupaten.

”Aturan itu bukan hanya tertuang dalam Perda No 2 Tahun 2012 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Melalui Anggaran Tahun Jamak tapi juga

tertuang dalam RPJMD Banten 2012-2017,” terangnya.

Hudaya berharap, pembangunan jalan di Banten bisa meningkatkan kapasitas jaringan jalan dan konektivitas antar wilayah serta menekan angka kecelakaan. Selain itu, pembangunan jalan juga diharapkan bisa meningkatkan daya saing masyarakat dan untuk mendukung masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia (MP3EI) dalam mendorong pengembangan kawasan pendukung di Banten.

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya menyambut gembira rencana Dinas PUPR Banten yang akan melakukan full beton seluruh jalan provinsi yang ada di wilayahnya. ”Dengan jalan yang bagus, akan memperlancar akses dan kegiatan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan warga,” harapnya.

 

Baca Sumber

Related Posts

Leave a Reply